Pilkades Serentak di Kabupaten Garut Berjalan Lancar dan Terapkan Prokes Ketat

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
6 hari yang lalu
Dibaca: 28

GARUT - Kabupaten Garut hari ini, Selasa (8/6/2021), melaksanakan pesta demokrasi  tingkat desa yang diselenggarakan di 217 desa dari 40 kecamatan yang tersebar di wilayah Kabupaten Garut. Hasil pantauan tim Diskominfo Garut, proses pencoblosan di beberapa TPS terpantau tertib. wilayah tengah, tepatny di TPS 14, RW 09, Desa Sirnajaya, Kecamatan Tarogong Kaler, penerapan prokos berjalan ketat. Dari 437 pemilih, PPKD membagi 4 shift. Selain itu para hak pilih sebelum melaksanakan pencoblosan diarahkan untuk mencuci tangan, diukur suhu tubuh, bahkan satu per satu diberi sarung tangan plastik, hingga hak pilih diizinkan untuk mencoblos. Demikian pula di Kecamatan Pasirwangi pelaksanaa pilkades berjalan lancar, bahkan kantornya menyediakan ruang penghitungan secara real count, laporan dari staf kecamatan dan desa.

Di tempat lain, Camat Bungbulang, Caca Rifai, menuturkan bahwa Pilkades di daerahnya berjalan lancar, bahkan kehadiran pemilih ke tempat TPS mencapai 70 sampai 80 persen. "Saya atas nama Camat Bungbulang menyampaikan informasi, bahwa pelaksanaan Pilkades serentak Tahun 2021 di Kecamatan Bungbulang, pertama Alhamdulillah berjalan dengan aman dan lancar, dan yang melaksanakan kegiatan Pilkades pada tahun ini terdiri dari 5 desa, dan semuanya 55 TPS, Selanjutnya pun sampai jam sekarang (12.00 Wib), kalau dilihat di per TPS itu sudah mencapai sekitar 70 sampai dengan 80 persen," tutur Caca. Ia mengungkapkan bahwa pihaknya juga telah mengimbau kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) dan Panitia di TPS untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Disisi lain, Ketua TPS 6 Desa Bungbulang, Kecamatan Bungbulang, Dedi Bahri, mengatakan bahwa antusiasme masyarakat dalam menyambut Pilkades ini cukup baik, dan pihaknya juga telah menyiapkan beberapa penunjang prokes agar pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa ini tetap berjalan sesuai protokol kesehatan. "Alhamdulillah semuanya pada datang dan menyambut untuk Kades selanjutnya, (dan) Alhamdulillah semuanya ada seperti Hand Sanitizer, Termometer, Sarung Tangan ada semuanya lengkap," kata Dedi.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, yang didampingi unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan unsur pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) melaksanakan secara langsung monitoring pelaksanaan Pilkades di beberapa lokasi di bagian utara Garut .

Bupati Garut menyimpulkan pelaksanaan Pilkades 2021 berjalan dengan lancar dan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

"Kami melihat TPS-TPS sangat mematuhi prokes yang telah ditentukan, menyediakan alat cuci tangan, masker, sarung tangan, hand sanitizer dan menjaga jarak tanpa ada kerumunan," kata Bupati Garut.

Selain itu, sambungnya, petugas kesehatan dan petugas keamanan siap siaga dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi di lapangan. "Kami melihat petugas kesehatan dan keamanan di tiap TPS siap siaga, sangat bagus sekali, ada lebih dari 3000 nakes yang siaga di 2228 TPS Se-Kabupaten Garut,” terangnya.

Rudy berharap, ketentraman, keamanan dan ketertiban ini terus diciptakan sampai akhir penghitungan suara dan penetapan pemenang Pilkades. "Kalah atau menang dalam demokrasi itu hal yang biasa, yang menang semata-mata karena takdir Allah SWT, pun kepada yang kalah untuk legowo atau lapang dada menerima kekalahan itu  sebagai awal kesuksesan yang tertunda,” harapnya.




Komentar
Isi Komentar