Petugas Berhasil Amankan 1 Ekor Ular Sawo Kopi dari Rumah Warga

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Selasa, 22 Juni 2021
Dibaca: 238

Garut. Tarogong Kidul. Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) memiliki tugas yang beragam. Selain bertarung dengan Si Jago Merah, petugas juga harus memiliki skill dalam hal evakuasi. Seperti halnya yang terjadi di salah satu rumah warga yang berlokasi di Griya Pamoyanan 2 Garut. Pemilik rumah, Rizki Firmansyah (39) melihat seekor ular jatuh dari langit-langit rumahnya pada hari Selasa (22/06/2021) sekitar pukul 09.00 WIB. Mendapati hal tersebut, Ia langsung menghubungi Disdamkar Kabupaten Garut untuk segera ditangani.

Petugas langsung meluncur ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) menggunakan Unit Rescue dengan membawa segala jenis perlengkapan, salah satunya Snake Stick. Pencarian dilakukan di ruang kamar, karena berdasarkan keterangan dari pemilik bahwa ular terakhir terlihat di ruangan tersebut. Selang sekitar 45 menit, akhirnya petugas dapat mengevakuasi ular tanpa adanya kendala yang berarti. Ular yang berhasil diamankan ternyata berjenis Baby Sawo Kopi dengan nama latin Coelognathus flavolineatus dengan panjang sekitar 25 cm. Ular ini memiliki karakteristik yang tidak berbisa, namun tetap saja gigitannya bisa membahayakan pemilik rumah.




Komandan Regu 1, Wahyu mengatakan bahwa kejadian ular masuk rumah begitu sering terjadi. Oleh karena itu Ia berharap warga senantiasa waspada mengenai berbagai macam hewan liar yang masuk rumah apalagi dengan kondisi cuaca yang beberapa waktu ini diguyur hujan yang lebat. Terakhir, Ia menghimbau kepada warga untuk selalu melaporkan segala jenis kejadian, baik kebakaran maupun non kebakaran kepada pihak Disdamkar yang selalu siaga untuk melayani masyarakat.


(Rendra/Disdamkar)




Komentar
Isi Komentar