Kebakaran Hebat Melanda Bangunan Pemotongan Kayu, Kerugian Hingga Ratusan Juta

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Jumat, 30 Juli 2021
Dibaca: 138

Garut. Malangbong. Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut kembali melakukan penanganan kebakaran. Kali ini informasi datang dari salah satu warga via telepon darurat Disdamkar pada hari Kamis, 29 Juli 2021 sekitar pukul 21.28 WIB. Lokasi kebakaran berada di Kampung Cileuleuy, Desa Sukaratu, Kecamatan Malangbong.

Objek yang terbakar adalah bangunan pemotongan kayu milik Iri (50) berukuran 100 m². Informasi ini langsung direspon oleh UPT Disdamkar wilayah I Bl. Limbangan dengan menurunkan 1 unit kendaraan Pancar. Ketika petugas berhasil menggapai Tempat Kejadian Perkara (TKP) kebakaran, api terlihat merambat akibat banyaknya bahan kayu yang mudah terbakar. Oleh karena itu, 1 unit kendaraan Water Supply dari Markas Komando Disdamkar langsung diluncurkan guna membantu pemadaman.

Petugas membutuhkan waktu sekitar 2 jam hingga api benar-benar padam dan situasi dinyatakan aman. Akibat kejadian ini, pemilik harus menelan kerugian sekitar 250 juta rupiah. Beruntung masih ada yang terselamatkan berupa satu unit rumah dan gelondongan kayu yang ditaksir bernilai ratusan juta rupiah. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini. Untuk sementara, diduga penyebab kebakaran berasal dari hubungan pendek arus listrik.

Beberapa instansi membantu dalam proses pemadaman, diantaranya Polsek, Babinsa, Satpol PP dan warga setempat.

Kepala UPT Disdamkar wilayah I Bl. Limbangan, Aden Jamaludin mengatakan bahwa keberadaan bahan mudah terbakar di dalam tempat tinggal atau tempat usaha kita harus benar-benar diperhatikan.

"Kayu merupakan bahan yang mudah terbakar. Terbukti pada kejadian ini rambatannya begitu cepat akibat banyaknya bahan kayu di dalam bangunan. Dihimbau kepada warga masyarakat dimanapun berada, pastikan kondisi rumah atau tempat usaha dalam kondisi yang aman ketika ditinggalkan. Matikan kompor, cek instalasi listrik dan hindari nyala api di dekat bahan yang mudah terbakar apabila tidak dalam pengawasan." Ucapnya.

Terakhir, ketika terjadi kebakaran maupun bencana lainnya diharapkan langsung menghubungi nomor telepon darurat Disdamkar Garut karena petugas selalu siap siaga dalam pelayanan terhadap masyarakat.

(Rendra Pranata/Disdamkar)




Komentar
Isi Komentar