Workshop Perencanaan Pembangunan dengan Prinsip Desa Membangun

By: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
Selasa, 03 September 2019
Dibaca: 27

Workshop Perencanaan Pembangunan dengan Prinsip Desa Membangun (26/08) bertempat di Hotel Augusta Cipanas Garut yang diselenggarakan oleh Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Bappeda Garut.

Workshop ini dilaksanakan dalam 2 Angkatan, yaitu bulan Agustus dan September. Angkatan I sebanyak 6 Kecamatan 61 Desa dan Angkatan II sebanyak 5 Kecamatan 64 Desa.

Dihadiri dan dibuka langsung oleh Kepala Bappeda Garut Ir. H. Widiyana, CES didampingi Plt. Kabid Pemkemas H. Yayan Gunawan S. SOs., M.SI serta para pejabat struktural dilingkup Bidang Pemkemas. Pemateri pada Angkatan I diantaranya Ir. Entang S (Anggota Tim PPD Kab. Garut), Sutrisno, ST, MM Kabid PPM Bappeda Provinsi Jabar, DR. Bukhori ( Dosen dan Kepala Pusat Studi Pemb. Sosbud) dan Yosef N (Fasilitator P3MD).

"Bahwa Perencanaan Suatu Program Kegiatan yang berkesinambungan. Sinkronisasi antara perencanaan dan penganggaran sangatlah berpengaruh terhadap Keberhasilan suatu Pembangunan dari tingkat pusat sampai daerah terkecil yaitu Desa. Dimana desa dapat mengelola potensi yang dimiliki baik SDA dan SDM sehingga terukur indeks desa membangun di Kabupaten Garut.", ucap Widiyana dalam sambutannya.

Bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pentingnya sinkronisasi perencanaan pembangunan di tingkat Desa yang dituntut untuk selaras dengan perencaan diatasnya, yaitu antara RPJMD Provinsi, Kabupaten, dan Desa. Selain itu, peserta juga diharapkan mampu mengenali masalah dan menggali potensi Desa untuk diterapkan dalam dokumen perencanaan yang berkualitas dengan melakukan penajaman prioritas untuk mendukung penggunaan yang efektif dan efisien. (Lia/2019/Pemkemas)




Komentar
Isi Komentar