Disdamkar Garut Evakuasi Ular Yang Masuk Ke Rumah Warga di Tarogong Kidul

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Senin, 08 Pebruari 2021
Dibaca: 52

Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut berhasil mengevakuasi seekor ular Kulak borok atau biasa disebut ular babi dengan nama ilmiah (Elaphe flavolineata) di dalam rumah milik salah satu warga di Kampung Nusajaya, RT 04/RW 10, Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (08/02/2021). 

Menurut Kepala Seksi Pelayanan Penyelamatan Non Kebakaran (Rescue) Disdamkar Garut, Dadan Wandani, pihaknya mendapat laporan adanya ular memasuki rumah warga bernama Agus M S. Merasa panik karena kedapatan ular, pemilik rumah langsung menghubungi Tim Rescue Disdamkar Garut. 

Tidak lama kemudian 4 personel Tim Rescue meluncur menuju lokasi. Saat proses evakuasi, ular yang bersembunyi di bawah lemari TV. Tanpa mengulur waktu, dua orang petugas yang menggunakan pakaian pelindung dengan sigap menangkap ular itu, dengan cara menjepit menggunakan tongkat khusus (Grab Stick). Akhirnya ular berukuran 35 cm itu berhasil di evakuasi, dibawa ke luar ruangan dan dimasukkan ke dalam karung yang sudah disiapkan tim rescue.   

"Ular yang kita evakuasi ini, kita amankan dan lepaskan ke habitatnya di hutan. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa maupun luka," ucap Dadan. 

Dadan menuturkan, diduga Ular tersebut memasuki rumah warga, karena rumah yang dekat sawah dan banyak semak belukar yang merupakan habitat aslinya. 

Dadan mengingatkan, jika ada binatang yang mengganggu kenyamanan dan ketentraman warga sekitar, segera informasikan ke disdamkar agar segera dilakukan evakuasi.




Komentar
Isi Komentar