Kolaborasi Pegiat Literasi Kecamatan Bungbulang untuk Tingkatkan Literasi Masyarakat

By: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
Rabu, 05 Pebruari 2020
Dibaca: 673

Hasil survei Unesco menyatakan bahwa budaya literasi masyarakat Indonesia tergolong rendah dengan Indeks hanya 0,001. Artinya dari 1.000 orang Indonesia hanya ada satu yang memiliki minat membaca buku. Selain itu, menurut survei Central Connecticut State University di New Britain menempatkan Indonesia di peringkat 60 dari 61 negara terkait minat baca.

Merespon hal tersebut, Gubernur Jawa Barat melaui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) dalam program 5 (lima) tahun ke depan meluncurkan berbagai inovasi dalam upaya meingkatkan minat baca masyarakat, seperti  dengan Media Kolecer (Kotak Literasi Cerdas), Candil (Maca Dina Digital Library), dan Makan Jengkol (Mari Kita Antar Jemput Buku dengan Kolaborasi) bahkan pada awal tahun 2020 ini  Pemda Provinsi Jawa Barat  sudah menghibahkan Motor Baca kepada 24 kota/kabupaten.

Khsus untuk kolecer, sekarang sudah sampai ke daerah plosok wilayah selatan Kabupaten Garut  tepatnya yaitu di Kecamatan Bungbulang berkat dukungan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Garut. Tentunya ini menjadi salah satu bentuk keseriusan pemerintah dalam upaya meningkatkan leterasi masyarakat di Garut. Terkait pengelolaan kolecer tersebut akan berkolaborasi antara pihak pemerintah dengan para pegiat literasi yang khususnya berda di Kecamatan Bungbulang.

Bahkan, kedepan kolaborasi ini tentunya bukan hanya sebatas dalam pengelolaan Kolcer saja termasuk dalam kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat bisa membantu dalam upaya menumbuhkan dan meingkatkan minat literasi masyarakat Bungbulang khususnya, sebagaimana yang di sampaikan oleh Rahmat selaku pendiri TBM Sarang Lebah Bungbulang sekaligus salah satu pengurus Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kabupaten Garut ketika bertemu dengan Bapak Camat dan Bunda literasi serta Pengurus UPT Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut. (5/02/2020)

“Program kolecer ini sangat bagus untuk menstimulus minat baca masyarakat di Kecamatan Bungbulang, dan dengan kehadiran para pegiat literasi tentunya akan sangat membantu untuk pengelolaanya nanti”. Ujar Bambang Hernowo selaku Camat Bungbulang.

Sejalan dengan itu Lisnawati selaku Kepala Dispusip Garut menyatakan “Kami sudah berkomitmen untuk mereplikasi Kolecer ini disetiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Garut. Agar masyarakat di daerah pun merasakan fasilitas baca yang disediakan di oleh pemerintah”.

 

Oleh M. Arkan 




Komentar
Isi Komentar