Indra Tujuh Bulan Ditinggalkan Ibunya

By: Kecamatan Wanaraja
Selasa, 21 Januari 2020
Dibaca: 141

Indra (3,5) sudah tujuh bulan ditinggalkan orang tuanya dan kini dirawat warga di Kp. Kudang RT 03/04 Desa Wanajaya Kecamatan Wanaraja.

 

Informasi dugaan penelantaran balita disampaikan Kepala Desa Wanajaya Nurzaman pada selasa (21/01/2020).  Menurut Nurzaman, phaknya mendapat informasi dari salah satu Anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Wanajaya.  “Saya dapat informasi dari Pak Iif Firmanudin tentang dugaan penelantaran balita”, ujarnya.

 

Nurzaman didampingi BPD Wanajaya, Kasi Kesmas Kecamatan Wanaraja Tarajudin dan Staf Puskesmas Wanaraja bergerak cepat mendatangi lokasi warga yang merawat anak tersebut di Kp. Kudang.

 

“Kami hari ini bersama Pemerintah Kecamatan, BPD dan Puskesmas mengunjungi lokasi anak tersebut, untuk memastikan informasi dan mengecek kondisinya”, kata Nurzaman.  “Setelah kami periksa kondisi kesehatan anak itu agak menurun”, tambahnya.

 

BPD dan Pemerintah Desa Wanajaya menurut IIf, akan fokus melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial  dan Pekerja Sosial (Peksos) Kabupaten Garut untuk menangani permasalahan nasib malang bocah tersebut.  “InsyaAlloh dari Peksos akan berkunjung ke lokasi”, katanya.

 

Menurut Iif fihaknya memiliki kepedulian terhadap penanganan kasus-kasus semacam ini.  “Kami gencar terhadap penanganan stunting, kesalahan pola asuh dan kekerasan terhadap anak”, tegasnya.  Ibu dari anak ini menurut Iif disinyalir masuk genk funk sehingga tidak fokus mengurus anaknya.

 

Siti Rahayu (20) bersama ibunya Aoh warga yang mengontrak dan kini merawat bocah tersebut kepada awak media mengatakan, awalnya sekitar bulan Juni 2019 tetangga kontrakannya itu digrebek oleh warga bersama pemilik kontrakan karena kuat dugaan melakukan tindak asusila, karena kondisi saat itu malam hari dan tetangganya harus meninggalkan lokasi kontrakan lantas dia berinisiatif menampungnya.

 

Siti Rahayu menuturkan, saat itu ibunya menitipkan anak ini kepadanya satu dua hari, namun hingga kini bocah ini tak kunjung diambil oleh orang tuanya, sekitar tujuh bulan anak ini diasuh dan dirawat olehnya.

 

“Ibu anak ini berinisial (Y) sedangkan anak ini bernama Indra (3,5).  Sedangkan nama dan alamat lengkapnya saya tidak tahu tapi konon berasal dari Singajaya”, sebut Siti.

 

“Saya asuh dan rawat anak ini seperti anak sendiri, ya sudah seperti anak sendiri”, pungkas Siti.  Siti berharap bersama empat saudaranya bisa mengadopsi anak ini.  Dikdik Riswandi (Admin Kecamatan Wanaraja).




Komentar
Isi Komentar