Bupati Garut Terima Kunjungan IPDN

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Rabu, 05 Agustus 2020
Dibaca: 31

Bupati Garut Rudy Gunawan, Selasa (04/08/2020), menerima kunjungan kerja dari IPDN (Insitut Pemerintahan Dalam Negeri), di Ruang Pamengkang Pendopo Garut. Kunjungan dilakukan dalam rangka koordinasi awal terkait praktek lapangan tahun anggaran 2021.

Menurut pimpinan rombongan, yang juga Kepala Lembaga Pengabdian Masyarakat IPDN, Dr. Halilul Khairi, M.Si, dipilihnya Kabupaten Garut sebagai salah satu kabupaten tujuan KKN atau Bhakti Karya Praja (BKP) selain Garut dinilai sebagai kabupaten besar, juga dengan pertimbangan jarak antara kampus dan Garut relatif terjangkau, sehingga bisa meminimalisir biaya mobilisasi praja tidak terlalu tinggi, terlebih di daerah ini masih banyak masalah yang belum terselesaikan dalam hal administrasi desa apalagi di pelosok terpencil masih perlu pembinaan. "Nantinya kita ingin program kita harus betul-betul terencana, seperti menyelesaikan masalah di kabupaten, pemerintahan desa dan masyarakat yang  harus tuntas serta berkesinambungan," ujarnya.

Halilul menjelaskan, poin-poin yang di sampaikan terkait dengan pelaksanaan koordinasi tahap awal penjajakan dengan bupati yang nantinya ditindaklanjuti bulan Desember tahun ini, juga mengenai rencana tempat praktek lapangan yang akan dilaksanakan bulan April 2021.  Selain itu poin penting pertemuan adalah apa saja yang harus di laksanakan oleh IPDN yang berkelanjutan ke depannya. "Kita ingin ke depan membangun sistem yang berkesinambungan," katanya.

Pihaknya juga meminta rekomendasi bagi peserta yang praktek ke daerah terpencil di Kabupaten Garut yang pelaksanaannya selama 30 hari.

Bupati Garut Rudy Gunawan, atas nama Pemkab Garut berterima kasih kepada IPDN yang memilih Kabupaten Garut  menjadi salah satu kabupaten yang dijadikan tempat BKP bagi mahasiswa IPDN tahun 2021 nanti.

Rudy berharap setelah mendapat ilmu dari pada praja IPDN, desa-desa bisa lebih berkembang dan tertib administrasi. "Bukan saja kita datang sebentar lantas bersih-bersih, terus bikin papan desa saja, tetapi misalnya ada masalah data desa yang tidak pernah update itu kita harus bisa selesaikan sehingga nanti ke depan desa bisa update terus, nanti kita bantu sistem IT-nya," ungkapnya.

Turut serta dalam kunjungan ini, Kepala Pusat Pengabdian Perdesaan IPDN Dr. Ulmi Listianingsih, Ketua Prodi MSDA Fakultas Manajemen Pemerintahan, Ismunarta, dan Sekretaris Prodi Fakultas  Polpem, Arwanto Ginting.




Komentar
Isi Komentar