19 Software Presentasi Terbaik dan Keren Selain MS Power Point

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Rabu, 25 Oktober 2017
Dibaca: 8972

http://downloadsoft-gratis.blogspot.com/2017/07/software-presentasi.html

 

Ada Banyak sekali kegunaan program presentasi, yaitu dalam dunia usaha, pendidikan, kesehatan, teknik, dan banyak lainnya. Anda bisa membuat presentasi untuk mempromosikan suatu produk, memaparkan pelajaran, materi untuk seminar, acara wisuda, dan lainnya.

Pada dasarnya kegunaan software pembuat presentasi yaitu untuk merancang suatu animasi dalam bentuk slide-slide, yang nantinya digunakan untuk keperluan presentasi. Padanya dimasukkan berbagai konten seperti animasi, gambar, tulisan dan suara pada setiap slidenya.

Sehingga manfaat software presentasi adalah agar penyajian presentasi yang dilakukan bisa lebih hidup dan memotivasi audiens, dimana audiens tidak mudah bosan.

Karakter calon pengguna sangat mempengaruhi jenis aplikasi presentasi yang nantinya akan digunakan. Berikut berbagai software presentasi:

1. WPS Office

WPS adalah program presentasi gratis terbaik yang menjadi pilihan banyak orang. Antarmukanya terdapat banyak pilihan. WPS Office memiliki antarmuka yang mirip dengan program Microsoft yang sudah umum diketahui.

Software WPS Office Presentation


Presentasi WPS memiliki kemampuan yang cukup baik untuk melakukan hampir setiap tugas dari aplikasi slideshow. Presentasi WPS sepenuhnya kompatibel dengan file PPT dan PPTX, dan sangat stabil, hal ini seperti yang diharapkan dari program komersial yang telah ada selama ini.

Rentang template yang ditawarkan juga sangat mengesankan, dan ada juga serangkaian animasi, transisi dan efek yang bisa Anda pilih nantinya.

Bahkan terdapat support agar Anda bisa menyematkan berbagai jenis file yang berbeda termasuk file SWF Flash dan video dengan berbagai format.

Software WPS Presentasi ini memiliki pilihan alat yang sangat bagus sekali, terdapat fitur konversi PDF, dan dukungan Cloud (yang ini akan berguna saat bekerja lintas platform).

Hanya saja ruang penyimpanan cloud yang diberikan terbatas (tidak unlimited), dan juga terkadang muncul iklan pada beberapa fitur

Kunjungi situs resminya di Wps.com


2. Prezi

Prezi sebagai presentasi dinamis yang terlihat tajam dan profesional, yang memunculkan seperti kanvas virtual, padanya Anda bisa menambahkan elemen presentasi berupa gambar, video, navigasi 2D dan 3D.

Prezi
Prezi | Image credit: Insidehighered.com


Terdapat pengaturan zoom yang kegunannya agar Anda bisa melihat materi presentasi secara jelas. Adapun fitur navigasi digunakan agar memudahkan dalam pengendalian ketika Anda melakukan presentasi.

Teknologi terbaru menyebutkan bahwa prezi bisa dibuka di browser, komputer, iPad, dan iPhone. Terdapat fasilitas untuk impor media file seperti PDF, PPT, JGP, dan lainnya.

Tersedia berbagai macam template jadi yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik hasil pembuatan presentasi, sehingga akan menghemat waktu. Progam ini support untuk melakukan pekerjaan secara kolaborasi sebagai tim (waktu pengerjaan bersamaan).

Kunjungi situs resminya di Prezi.com


3. LibreOffice Impress

Impress adalah salah satu program dari paket libreOffice. Ini seperi halnya dengan power point punyanya Ms. Office. Dengan LibreOffice Imress Anda bisa menampilkan presentasi dan membuatnya secara mudah dan efektif.

LibreOffice Impress
LibreOffice Impress | Image credit: Wikimedia.org


Pada program ini terdapat tool editing yang fleksibel, serta modus editing yang berbeda-beda. Pada Impress Anda bisa memasukan gambar, slidshow, animasi dan juga efek sesuai keinginan.

Terdapat banyak jenis huruf yang nantinya bisa digunakan, sehingga Anda bisa membuat teks yang beragam.

LibreOffice Impress sangat mumpuni, namun tidak memiliki banyak tool profesional.

Tidak tersedia fitur diagram animasi, namun LibreOffice Impress menambahkan beberapa fitur seperti ekspor dari format lain (termasuk SWF), kompatibilitas impor dengan file Keynote.

Download di situs resminya Libreoffice.org

4. iCloud Keynote

Aplikasi presentasi online bisa Anda harapkan yang merupakan buatan dari Apple. Ini bagian terbaik dari suite yang sebelumnya dikenal sebagai iWork, dan program ini bisa digunakan secara gratis bagi siapa saja yang mempunyai Mac pasca 2013.

iCloud Keynote
iCloud Keynote | Image source: Iphonejd.com


Inkarnasi terbaik dari program ini adalah hadirnya fitur online iCloud, pada siapa saja yang memiliki Apple ID - Mac, Windows, ataupun Linux, dimana bisa mengaksesnya secara gratis melalui browser web.

Keynote adalah aplikasi slideshow, dalam keynote untuk versi beta iCloud, Anda bisa membuat presentasi baru secara langsung dari browser Anda, disana nantinya terdapat dari 12 tema pilihan.

Ketika gambar telah dipilih, Anda bisa menutupi, memotong dan memutarnya. Jika Anda klik pada slide itu sendiri, maka terdapat pilihan berupa fitur transisi slide dan memberikan efek.

Keynote dirilis dengan 2 versi, versi pertama support untuk Mac OS, adapun versi kedua support untuk iOS. Aplikasi presentasi ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki jiwa seni yang tinggi.

Didalamnya terdapat banyak tool yang menjadikan hasil dokumen presentasi akan mengesankan. Padanya, anda bisa memasukan foto dan video.

Adapun kehebatan transisi tiap gambar mampu menyamai slide-slide yang ada di bioskop. Terdapat berbagai bentuk grafik yang menjadi penghias presentasi Anda.

Kunjungi situs resminya Icloud.com

5. Slideshark

SlideShark bisa digunakan untuk menyajikan berbagai macam presentasi (termasuk powerpoint). Software ini sebenarnya telah banyak diguanakan oleh para profesional dan para presenter di seluruh dunia.

Slideshark | Image credit: Showmelibrarian.blogspot.com


Program ini bisa digunakan untuk menyajikan presentasi lewat media yang dipilih yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Terdapat penyimpanan yang berbasis cloud, sehingga Anda dapat mengakses dokumen presentasi buatan Anda dimana saja.

Modus presenter untuk membuat catatan pada slide, yang hal ini diperlukan oleh para presenter dalam memudahkan pekerjaannya. Fiturnya memungkinkan untuk bisa melakukan broadcast terhadap para audiens memalui platform yang berbeda. Anda bisa membuat anotasi pada slide.

Kunjungi situs resminya di Slideshark.com


6. Google Drive Presentation 

Ini merupakan aplikasi berbasis web ini yang berfungsi sebagai program presentasi, adapun pengembangnya adalah perusahaan raksasa Google.

Google docs bisa dibuka dengan menggunakan Web browser seperti Crome, Mozilla, Opera, dan Internet Explorer. Namun, untuk menggunakannya maka Anda harus menghidupkan internet terlebih dahulu.

Seperti halnya program paket kantoran maka aplikasi ini berguna sebagai pengolahan data. Nadapun bahasa aplikasi Google docs mendukung lebih dari 50 bahasa, termasuk indonesia.

Dengannya Anda bisa membuat dokumen presentasi dengan cepat dan efisie, tampilannya terlihat seperti PowerPoint tapi ternyata lebih mudah digunakan. Hanya saja estetika presentasi sangat kurang, dan template yang disediakannya terlalu mendasar, namun sangat kuat untuk membut karya secara kolaboratif.

Kunjungi situs resminya di Docs.google.com

7. SlideRocket 

Ini merupakan aplikasi online, yang sering dikatakan sebagai aplikasi presentasi yang cocok untuk bisnis, yang dikemas dengan fitur berkualitas dan canggih. Padanya Anda bisa memasukan gambar, grafik, video, transisi, hingga efek khusus.

SlideRocket
SlideRocket | Image credit: Gigaom.com


Kemampuan tambahannya termasuk kontrol versi, kontrol privasi (menyetting siapa yang dapat melihat, mengedit atau berbagi slide Anda), serta Anda bisa mengetahui siapa saja yang melihat slideshow.

Aplikasi online Slide Rocket supprt untuk browser Crome, Mozilla, Opera, dan Internet Explorer.

SlideRocket juga menawarkan fitur mengimpor dari PowerPoint dan ekspor ke PDF. Efek transisi slide terlihat hebat dan menyerupai Flash yang ini lebih banyak dibandingkan PowerPoint.

Anda juga bisa mengintegrasikan konten dari situs seperti Flickr dan YouTube, dan juga memanfaatkan plug-in di setiap presentasi Anda.

Tersedia grafis bagus dan banyak template, hanya saja ini tersedia bagi mereka yang menggunakan versi berbayar.

Kunjungi situs resminya di Sliderocket.com

8. CustomShow

CustomShow seringnya digunakan dalam proses bisnis. Dimana telah banyak karyawan dan perusahaan menggunakan fiur-fitur dari program ini, dalam membantu kelancaran seminar, yang biasanya menjelaskan tentang manfaat suatu produk yang akan dijual, selain itu digunakan dalam presentasi pada client.

Agar bisa melakukan presentasi dengan baik di depan client maka harus ditunjang dengan program yang berkualitas, sehingga presentasi yang dilakukan bisa memukau para client.

Terdapat banyak jenis template yang bisa digunakan. Pada aplikasi online ini, jika Anda telah terdaftar dan mempunyai akun, maka bisa dengan mudahnya pengguna melakukan upload presentasi serta impor berbagai hal mengenai presentasi.

Penggunaan program ini cocok bagi mereka yang berada di biang pekerjaan marketing, penjualan, lembaga desain, dan intansi profesional.

Aplikasi online ini bisa digunakan di browser Crome, Mozilla, Opera, dll. Kehebatannya mampu membuat presentasi yang disesuaikan dan bermerek, fitur perpustakaan slide; fitur penyimpanan cloud, analisis.

Kunjungi situs resmi CustomShow di Customshow.com

9. Haiku Deck

Banyak para pengajar yang mengandalkan software presentasi Haiku Deck, yang cocok digunakan oleh para tenaga pengajar dalam mempresentasikan materi pelajaran.

Haiku Deck menyediakan berbagai template pilihan yang elegan. Haiku deck mudah digunakan serta proses onboarfing-nya cepat.

Profesi yang cocok menggunakan software presentasi Haiku Deck yaitu para siswa, tenaga pendidik, dan presenter.

Haiku Deck support untuk sistem operasi Windows dan MAC. Terdapat sekitar 35 juta stok foto yang bisa digunakan dala template slide.

Kunjungi situs resminya di Haikudeck.com

10. GoAnimate

Dengannya Anda bisa membuat animasi video presentasi yang informatif. GoAnimate menyediakan tool untuk membuat animasi menonjol sehingga Anda dapat fokus pada narasi.

GoAnimate menjadi program yang bagus untuk menyajikan ide Anda, dengan berbagai macam tema props dan karakter disesuaikan, sehingga menjadi bentuk presentasi bisnis profesional. Hal ini sangat bagus dan keren dibandingkan hanya antrian gambar dalam slide.

Dengannya Anda dapat menghasilkan video yang tampak profesional. Penggunaannya cocok untuk Bisnis, Produsen, Agen Digital.

Kunjungi situs resminya di Goanimate.com

loading...


11. Zoho Show

Zoho Show merupakan program presentasi berbasis cloud, yang bisa mengimpor dari format PPT, PPTX, PPS, PPSX, ODP, dan SXI. Yang mampu mempertahankan tampilan dokumen asli bila dilihat secara online. Penggunaan Zoho ini mudah dinavigasi.

Anda bisa memasukan elemen gambar dan video secara langsung dari web, Picasa dan Flickr. Anda juga bisa menambahkan efek atau touch-up dalam hitungan detik dengan menggunakan image editor.

Terdapat fitur galeri , animasi dan efek transisi slide. Anda bisa berkolaborasi secara real-time dengan pengguna lain. Anda bisa menentukan orang mana saja yang boleh mengedit atau melihat presentasi Anda.

Zoho Show bisa dijalankan di Crome, Mozilla, Opera, dan Internet Explorer.

Kunjungi situs resmi Zoho Show di Zoho.com

12. Slidesnack

Slidesnack menjadi pilihan yang cukup baik untuk membuat slideshow dan slidecasts (presentasi + voice). Dalam menggunakannya, Anda bisa upload dokumen (Powerpoint, Keynote, Word), kemudian merancang slideshow dari template yang telah disediakan.

Fitur lainnya yaitu merekam komentar untuk suara.

Kunjungi situs resminya di Slidesnack.com

13. SlideDog

Pada SlideDog Anda bisa menyertakan semua dokumen, presentasi, gambar, hingga video, untuk disajikan pada presentasi Anda. Anda juga bisa upload hampir semua jenis file dari video ke program lunak presentasi lainnya, salah satunya seperti Prezi. Terdapat fitur transisi, fitur berbagi di beberapa perangkat, dll.

Program ini tidak dapat memodifikasi file presentasi yang sudah dibuat. SlideDog hanya dapat diinstal pada sistem operasi Windows. Support untuk format PPT, PPTX, PPTM, POT, POTX, POTM, PPS, PPSX, dan PPSM.

Anda juga bisa membuat daftar putar yang support file gambar seperti PDF, MP3, PNG, dan JPG, serta banyak format file video (MP4, AVI, DIVX, FLV, 3GP, MOV, dll.).

Terdapat fitur Remote Web yang memberi presenter fasilitas untuk mengontrol aliran daftar putar dari tablet, telepon, atau perangkat berkemampuan web lainnya.

Live Sharing dapat diaktifkan untuk memberikan hingga 100 orang akses ke presentasi melalui browser web manapun.

Saat dihidupkan, Anda mendapatkan tautan khusus yang dapat Anda bagikan dengan siapa pun sehingga mereka dapat melihat presentasi Anda di mana pun mereka berada.

Tersedia fitur chat sehingga pemirsa dapat mengobrol satu sama lain selama presentasi.

 

Kunjungi situs resminya di Slidedog.com

14. Slide Bureau

Ini merupakan program yang memungkinkan Anda untuk membuat presentasi yang bisa lebih disesuaikan, daripada slide powerpoint “tradisional”. Terdapat template sebelum Anda membuat, yang dikategorikan sesuai dengan kebutuhan profesi dan keseluruhan slide.

Software ini dinilai mudah digunakan, hanya saja penggunannya terbatas pada iPad. Adapun yang cocok untuk menggunakanya adalah mereka yang merupakan para pendidik dan profesional perorangan.

Kunjungi situs resmi Slide Bureau di Slidebureau.com

15. Powtoon

Powtoon menghadirkan visual bagus. Program ini sangat cocok untuk membuat presentasi video yang menawan daripada PowerPoint standar, dengan disediakannya audio bebas royalti. Terdapat fitur animasi di dalamnya. Penggunannya dinilai mudah, hanya saja program ini tidak cocok untuk presentasi langsung.

Program ini cocok untuk pendidik, bisnis yang ingin membuat layanan / produk video, profesional bisnis yang kecil dan pelatih.

Kunjungi situs resminya di Powtoon.com

16. Keynote

Pada program presentasi ini menyediakan sebanyak 30 tema yang bisa Anda gunkan, juga terdapat fitur animasi, hanya saja program ini mendukung sistem operasi untuk MAC dan iOS saja.

17. Kineticast

Kineticast adalah alat presentasi keren yang cocok bagi mereka untuk digunakan dalam usaha penjualan dan pemasaran. Sehingga profesional penjualan bisal lebih efektif.

18. Slideflight

Slideflight banyak digunakan oleh pelaku bisnis, event organizer, dosen, dan mahasiswa. Pada dasarnya slideflight ini adalah add-in untuk microsoft powerpoint. Penggunaannya hanya perlu klik publikasikan, nantinya Anda akan diberi id unik setelah mempublikasikannya.

Nah, ID unik ini nantinya berguna agar para audiens bisa melihat presentasi Anda secara realtime dengan berbagai jenis aplikasi desktop, mobile berbasis android, tablet, maupun pada web slideflight.

 

19. Kingsoft Presentation

Kingsoft Presentation merupakan aplikasi presentasi gratis yang dibundel dengan Kingsoft Office Suite, yang juga menawarkan program pengolah kata, spreadsheet dan beberapa lainnya.

Presentasi Kingsoft penuh dengan fitur dan terlihat mengagumkan. Presentasi Kingsoft bisa digunakan di Windows, Linux, iOS, dan Android.

Program ini bisa membuka format seperti PPT, PPTX, PPS, dan PPSX. Terdapat fitur untuk mengatur tata letak, tema, transisi, animasi, dan bentuk.

Puluhan bentuk tersedia yang bisa Anda masukkan ke dalam presentasi, seperti garis, konektor, daigram, panah blok, bentuk sederhana, bintang, spanduk, tombol tindakan, dan gambar komentar.

Anda bisa memodifikasi ukuran slide, orientasi, dan ukuran kertas di Kingsoft Presentation. Tersedia lebih dari 30 layout slide dan 30 gambar galeriArtArt untuk digunakan.

Header dan footer bisa diterapkan ke slide untuk menyertakan tanggal saat ini (diperbarui secara otomatis), nomor slide, atau teks kustom.

Adapun jenis file yang dapat disisipkan langsung ke slide, seperti format file audio dan video. Anda juga bisa menggunakan banyak jenis simbol dan karakter khusus.

Terdapat lebih dari 30 skema animasi, yang terdapat jenis animasi yang halus, moderat, dan menarik. Animasi kustom juga bisa datur. Ada puluhan transisi slide yang bisa digunakan dengan kecepatan dan suara khusus.




Komentar
Isi Komentar