Wisata Bambu Berkelanjutan (Suistanable bamboo craft tourism)

Kec. Selaawi 19 September 2017 jam 14:39 Dibaca 312 kali 1 komentar Berita
Wisata Bambu

Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Di kecamatan Sela Awi terdapat beberapa desa yang memiliki potensi untuk dijadikan sebagai desa wisata dengan mengolah atraksi wisata alam, hasil sumber daya alam, dan kebudayaan masyarakatnya.

 Saat ini kebanyakan tempat wisata hanya menitikberatkan keindahan alam dan segala bentuk barang yang bisa diolah untuk menjadi oleh-oleh para wisatawan sebagai produk utamanya tanpa berfokus melibatkan orang-orang setempat dan mengenal kebudayaan setempat. Pada akhirnya masyarakat setempat hanya menjadi penjaja oleh-oleh untuk wisatawan dan kurang mendapatkan dampak ekonomi langsung dari program wisata yang ditawarkan.

 

WISATA BERKELANJUTAN

Pariwisata Berkelanjutan dalam arti paling murni, adalah industri yang mencoba untuk membuat dampak yang rendah pada lingkungan dan budaya lokal, sambil membantu untuk menghasilkan pendapatan, pekerjaan, dan konservasi ekosistem lokal

Setelah melakukan kunjungan ke Sela Awi terdapat beberapa program wisata yang dapat ditawarkan sebagai berikut:

1.     mengunjungi pengrajin bambu dan belajar menganyam

2.     konservasi pohon bambu (mengenal jenis bambu dan kegunaannya\

3.     Berjalan-jalan di sawah

4.     menanam dan memanen padi

5.     menginap bersama warga setempat

6.     mengunjungi tempat pembuatan makanan tradisional

7.     photo hunting

8.     mengunjungi tempat pembuatan alat musik tradisional

9.     membuat percontohan rumah bambu sebagai salah satu bentuk kearifan lokal yang ramah

 

KOMPONEN UTAMA

Komponen terpenting dari program wisata ini adalah kehidupan warga setempat. Wisatawan, baik domestik atau asing yang akan mendatangi tempat ini mencari sebuah pengalaman dari warga setempat. Keaslian kehidupan warga setempat menjadi kunci utama program ini. Nilai-nilai kelokalan seperti keseharian masyarakat setempat, makanan tradisional, pakaian tradisional, dan adat istiadat lokal adalah atraksi utama dalam program wisata ini.

Komentar

  • Paket Wisata Jogja 11 Nov 2018 10:41
    Desa wisata bambu saya kira cukup menarik untuk ditawarkan kepada para wisatawan. Dikarenakan memiliki unsur edukasi untuk keluarga.
    .
    .
    Paket Wisata Jogja
Tambahkan Komentar

*Dirahasiakan

 

Berita Terkait

Terakhir Dibaca