SAFARI GERAKAN NASIONAL PEMBUDAYAAN GEMAR MEMBACA PERPUSNAS RI DI KAB. GARUT

Perpustakaan dan Kerasipan 5 Maret 2018 jam 14:39 Dibaca 257 kali 0 komentar Berita
SAFARI GERAK

SAFARI GERAKAN NASIONAL PEMBUDAYAAN GEMAR MEMBACA PERPUSNAS RI DI KAB. GARUT

Pada hari ini Jum’at tanggal 2 Maret 2018 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) mengadakan Safari Gerkan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca dengan tema “Implementasi Revolusi Mental Melalui Mobilisasi Pengetahuan Dalam Rangka Meningkatkan Indeks Literasi Masyarakat” di Gedung Da’wah Islamic Center Kabupaten Garut. Kegiatan ini dihadiri oleh para pegiat literasi, komunitas, taman baca masyarakat (TBM), budayawan, para pengelola perpustakaan, para siswa-siswi dan masyarakat umum Garut dengan total peserta sekitar 200 orang. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Asisten Sekertaris Daerah (ASDA) I Garut Bidang Pemerintahan, Didit Fajar Putradi.

Pada safari kali ini terdapat empat narasumber, yang pertama bpk Dedi Junaedi selaku Sekertaris Utama Perpusnas RI. Dedi menyampaikan materi mengenai kebijakan nasional tentang pengembangan perpustakaan dan gemar membaca serta program-program yang dilaksanakan Perpusnas RI selama ini guna untuk meningkatkanindeks literasi masyarakat Indonesia yang selama ini masih relative rendah. Narasumber yang kedua dari pakar legeslatif yaitu bpk Ferdiyansah selaku anggota DPR-RI. Ferdiansyah pada kesempatan kali ini menjelaskan peran dan upaya legislator selama ini dalam mendukung dan mewujudkan kegemaran membaca masyarakat Indonesia.

Narasumber yang ketiga ibu Oom Nurohmah selaku Kepala Bidang Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DISPUSIPDA) Provinsi Jawa Barat, memberikan motivasi akan pentingnya membudayakan gemar membaca sejak usia dini. Sedangkan sebagai tuan rumah Ibu Lisnawati selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kabupaten Garut menjelaskan terkait Implementasi Program-program Pengembangan Perpustakaan Daerah yang diantaranya dilakukan dengan Mobil Perpustakaan Keliling yang menyasar ke daerah pelosok Garut yang masyaraktnya masih susah untuk mengakses bahan bacaan. Dan narasumber yang terakhir dari kalangan praktisi pegiat literasi yaitu Opik dari Komunitas Ngejah. Opik mengatakan bahwasalnya di Kabupaten Garut geliat akan dunia literasi saat ini semakin membaik, itu dibuktikan dengan semakin banyaknya Taman Bacaan Masyarakat yang bermunculan di berbagai pelosok Kabaupaten Garut, dan mayoritas penggeraknya dari kalangan muda. Semoga dengan adanya Kegiatan ini dapat meningkatkan serta menambah motivasi untuk menggerakan literasi di Kabupaten Garut sehingga masyarakat Garut menjadi masyarakat literat.



Komentar

Tambahkan Komentar

*Dirahasiakan

 

Berita Terkait

Terakhir Dibaca