Perpustakaan Garut Ramah Disabilitas

Perpustakaan dan Kerasipan 1 November 2018 jam 11:32 Dibaca 223 kali 0 komentar Berita
Perpustakaan

Kamis (1/11/20180), Perpustakaan Umum Kabupaten Garut mendapat kunjungan dari siswa-siswi SLB Negeri Garut. Perpustakaan sebagai pusat pembelajaran menjadi salah satu wahana yang sangat efektif untuk siswa-siswi berkebutuhan khusus dalam menambah ilmu pengetahuan dan mencari informasi.

Sesuai amanat UU Nomor 43 Tahun 2007 bahwasalnya setiap masyarakat  mempunyai hak yang sama  untuk memperoleh layanan serta memanfaatkan dan mendayagunakan fasilitas perpustakaan tanpa terkecuali. Masyarakat  yang memiliki kelainan fisik, emosional ataupun mental pun berhak memperloleh layanan perpustakaan tentunya disesuaikan dengan kemampuan dan keterbatasan masing-masing.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan khususnya urusan perpustakaan mencoba untuk mengakomodir semua elemen  dan memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat, salah satu wujud nyata terlihat dari pembangunan gedung baru Perpustakaan Umum Kabupaten Garut  tahun 2017 yang desainnya ramah terhadap masyarakat disabilitas.

Tidak hanya itu, Perpustakaan Garut juga menyediakan berbagai koleksi bahan bacaan untuk kalangan disabilitasi (seperti buku braile) hasil kerjasama dengan Balai Penerbitan Braile Indonesia yang ada di Bandung. Tentunya ini semua masih dalam proses pengembangan, agar Perpustakaan Garut kedepan semakin baik dan bisa mengakomodir semua elemen masyarakat.

(oleh: Komaruzzaman, Penyuluh Perpustakaan)

Komentar

Tambahkan Komentar

*Dirahasiakan

 

Berita Terkait

Terakhir Dibaca