KRPL MEMBANGUN KETAHANAN PANGAN DI KABUPATEN GARUT

KETAHANAN PANGAN 13 Februari 2018 jam 14:52 Dibaca 258 kali 0 komentar Berita
KRPL MEMBANG

Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan salah satu konsep pemanfaatan lahan pekarangan baik di wilayah pedesaan maupun perkotaan untuk mewujudkan ketahanan pangan keluarga. Pelaksanaannya dititikberatkan pada pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga melalui pemberdayaan potensi pangan lokal.

Dalam rangka terwujudnya ketahanan pangan dimaksud, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Garut melaksanakan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan melalui kegiatan bimbingan teknis dan pemberian bantuan sarana KRPL yaitu berupa benih tanaman sayur-sayuran, bibit buah-buahan, dan peralatan budidaya sitem hidroponik kepada Kelompok Wanita Tani di Pedesaan.

Pada tanggal 31 Januari 2018, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Garut menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari di Kantor Desa Selaawi Kecamatan Selaawi, yang diikuti oleh pengurus dan anggota kelompok tani Sawargi, TP PKK Desa Selaawi dan Kader Dasa Wisma Desa Selaawi Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut, mulai pukul 09.00 s/d 13.00  WIB.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Garut, Ibu Hj. Enok Rihawati berkesempatan hadir dan memberikan arahan bahwa sasaran yang akan dicapai dalam pembangunan KRPL Tahun 2018 di Kabupaten Garut adalah berkembangnya kemampuan institusi keluarga secara ekonomi dan sosial dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi secara berkelanjutan menuju masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

Penyelenggaraan bimbingan teknis bertujuan agar pelaksanaan kegiatan KRPL dapat berjalan sesuai dengan sasaran program yang telah ditetapkan yaitu: 1) meningkatkan keterampilan dan kemampuan keluarga dan masyarakat dalam memanfaatkan lahan pekarangan melalui budidaya tanaman pangan, buah-buahan dan sayuran, pengolahan hasil serta pemanfaatan limbah rumah tangga menjadi kompos, 2) memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga dan masyarakat secara lestari dalam suatu kawasan, 3) mengembangkan kegiatan ekonomi produktif keluarga, 4) menciptakan lingkungan yang hijau, bersih dan sehat secara mandiri.

Acara ini difasilitasi oleh tiga orang narasumber, pertama Mansyur, SP, MP selaku Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Garut yang menyampaikan tentang konsep penerapan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kabupaten Garut. Kedua, Ir. Didin Moch Nurdin sebagai Kepala Seksi Sayuran pada Dinas Pertanian Kabupaten Garut, menyampaikan materi tentang Usaha Pemanfaatan Lahan Pekarangan, dan yang ketiga Saudara Dadang dari Komunitas Hidroponik Kabupaten Garut, menjelaskan tentang teknik dan praktek budidaya tanaman sistem hidroponik

Komentar

Tambahkan Komentar

*Dirahasiakan

 

Berita Terkait

Terakhir Dibaca