Garut Raih Juara Harapan 1 Lomba Cipta Menu BSA Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2017

KETAHANAN PANGAN 14 Agustus 2017 jam 14:08 Dibaca 155 kali 2 komentar Berita
Garut Raih J

Garut Raih Juara Harapan 1 Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2017

 

Kabupaten Garut harus puas meraih Juara Harapan I pada acara Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, bertempat di Parkir Barat Gedung Sate Jalan Diponegoro Nomor 22 Bandung,  Rabu (9/8/ 2017).

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Garut, Ir. Hj. Enok Rihawati, dalam perhelatan ini pihaknya  melibatkan Tim Penggerak PKK Kabupaten Garut, Asosiasi Chef Indonesia perwakilan Garut (Indonesian Chef Association) dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Garut. Alhamdulillah, meskipun meraih penghargaan Juara Harapan I berupa Kategeri Umum, namun kami mendapat apresiasi dari pihak juri”, Kata Hj. Enok, Jum'at (11/8/2017). Menurutnya, Penghargaan Kategori Umum ini diberikan kepada peserta yang mendapatkan nilai total tertinggi terhadap semua kriteria penilaian, baik terhadap resep menu 3 (tiga) hari, profil pangan lokal, dukungan pemerintah daerah/masyarakat maupun menu di display pada saat lomba.

Lomba Cipta Menu B2SA berbasis sumber daya lokal diselenggarakan dalam rangka mempercepat pemahaman masyarakat tentang konsumsi pangan beragam bergizi seimbang dan aman. Setiap individu khususnya ibu rumah tangga yang bertanggung jawab dalam menentukan dan menyediakan menu makanan keluarga diharapkan mampu menyajikan menB2SA.

Pelaksanaan lomba kali ini ditekankan pada menu sarapan anak sekolah. Hasil studi menunjukkan bahwa sarapan bergizi bagi anak sekolah ternyata sangat bermanfaat, berpengaruh terhadap fisik dan psikologis, yang pada akhirnya akan meningkatkan proses dan hasil belajar anak-anak. Hal ini juga sejalan dengan salah satu pesan dalam Pedoman Gizi Seimbang yaitu biasakan makan pagi atau sarapan”.

Seluruh peserta lomba dari 27 Kabupaten/Kota se Jawa Barat menyajikan menu   makanan keluarga untuk keperluan satu hari tiga kali makan dalam bentuk display.  Hal ini dimaksudkan untuk melihat sejauh mana penerapan aspek keanekaragaman dan keseimbangan pangan dalam menu keluarga, dengan tetap mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lokal.

Selain penilaian resep dan display, pertimbangan terhadap dukungan pemerintah daerah dan masyarakat dalam menerapkan konsumsi B2SA menjadi salah satu unsur penilaian yang sangat penting. Dengan demikian prinsip konsumsi pangan B2SA diharapkan tidak hanya berlangsung pada saat lomba saja, namun dapat ditindaklanjuti dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Komentar

  • nova 15 Aug 2017 13:23
    semoga garut menjadi no 1 juara umum
  • Rudi 16 Aug 2017 09:12
    Mantab, Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi...amiiin
Tambahkan Komentar

*Dirahasiakan

 

Berita Terkait

Terakhir Dibaca